avega family club indonesia


Avega Family Club Indonesia

Registrasi


KENDALA PADA KENDARAAN RODA 4 DI SAAT MUSIM PENGHUJAN


03 February 2016 19:48:49


Handbrake Macet ?
Pada saat ini cuaca sedang menunjukan intensitas hujan yang tinggi tanda bahwa musim penghujan telah tiba. Kendala apa saja yang terjadi pada kendaraan roda Empat di musim penghujan ini. Berikut kita simak sama-sama :
1. Hand Brake tidak berfungsi ( macet )
Pada bagian ini penyebabnya adalah genangan air yang tinggi dan kotor, Karena genangan air dapat masuk ke dalam ruang tromol dan menggenang di dalamnya dan tidak langsung hilang ketika kendaraan di bawa berjalan. Ini memungkinkan tromol dapat berkarat dan ujung dari kabel hand brake berkarat dan menyebabkan saling melekat erat pada 2 benda tersebut yang menyebabkan handbrake keras dan macet setelah parkir terlalu lama. Att : Jika sudah sampai tempat tujuan/garasi sebaiknya bagian roda di siram dengan air bersih guna menghindari hal tersebut dan kemungkinan lainnya yang dapat merugikan.
2. Water Hammer
Water Hammer adalah bahasa yang sering di gunakan yang mengindikasikan kuat nya terjangan air di dalam mesin. Water Hammer ini bisa terjadi ketika mobil di paksakan untuk menerjang Banjir. Water Hammer terjadi karena air masuk ke dalam ruang mesin, biasanya akan menyebabkan patahnya stang piston atau lebih extremenya dapat memecahkan Block mesin karena pukulan piston yang terdorong air. Mengapa air dapat masuk ke ruang mesin ?? Mungkin itu pertanyaan yang sering di lontarkan pada pemilik kendaraan. Water hammer terjadi karena Air masuk lewat cerobong ( Resonator udara ). Umumnya benda ini selalu ada pada setiap kendaraan pribadi , tempatnya ialah di bawah rumah filter udara umumnya bentuknya seperti cerobong atau belalai gajah, benda ini mengarah ke bawah mesin atau di samping fender kiri atau kanan ( salah satu bagian ). Resonator ini berfungsi untuk menghirup udara dari luar untuk mensuplai udara ke dalam mesin agar terjadi kompresi. Jika yang terjadi resonator tidak menghirup udara di luar karena terhalang air, hal hasil Air lah yang akan masuk ke dalam ruang kompresi dan inilah penyebab utama Water Hammer.
Tips agar tidak mengalami Water Hammer :
1. Hindari lokasi Rawan banjir.
2. Jangan langsung starter ketika kendaraan mati di tengah banjir.
Untuk Bag. No. 2. Jika mobil mati pada saat sudah masuk ke dalam genangan yang tinggi/banjir jangan langsung lakukan starter, buka busi terlebih dahulu untuk mengeluarkan air yang sudah terhirup masuk ke dalam mesin dan kering kan, pastikan air sudah keluar semua. Setelah itu masukkan busi lalu nyalakan kembali ( start ). Jika langsung di starter pada saat tersebut hal hasil adalah Water Hammer yang terjadi, karena kompresi pada saat start membuahkan tenaga yang besar, ketika itu air masih terdapat di dalam mesin dan ini membuat tekanan yang dahsyat pada ruang kompressi mesin karena sedikitnya udara di dalam dan padatnya ruang, membuat stang piston tidak dapat melaju pada jalurnya. Jika sudah terjadi water hammer anda harus mengeluarkan kocek yang dalam guna menyembuhkan kendaraan anda, karena Hanya dengan Full OverHoul mobil anda akan kembali normal.